JULY MOVIE LOG

August 03, 2020


Who wants to know what movies I have watched this month? No one. But here I am, making a list of movies that I watched in July which is so unnecessary since I too own a Letterboxd account.

Juli ini saya lumayan banyak nonton film, entah kenapa. Biasanya saya hanya binge-watching The Crown atau People V. O.J. Simpsons atau Friends, jarang nonton film. Pun, kalau nonton jarang saya update di Letterboxd karena saya bahkan lupa kalau install aplikasi itu. Jadi, kalau boleh jujur salah satu motif saya jadi rajin nonton film karena terpacu untuk update Diary di Letterboxd. Sesederhana itu dan sedangkal itu.

Film-film yang saya tonton Juli ini beberapa memang sudah ada di watchlist, tapi beberapa juga pilihan yang impulsif. Ada yang saya suka, ada yang meh, ada yang meh tapi tetap entertaining. Here we go.

10 July 2020

Julie & Julia (2009)
Julie's Julia: The Ideal Housewife – Re/Visionist
Saya selalu tertarik melihat film biopik seperti ini karena setelah itu saya bisa kepo sepuasnya soal keakuratan film dengan dunia nyatanya, melihat sosok riil dan membandingkannya dengan aktor yang memerankannya. Film ini menurut saya sangat entertaining, sih. Dan ketika tahu kalau film ini diangkat dari buku, saya langsung kepingin baca. Semoga nggak berakhir wacana, ya.

Little Women (2019)
Little Women (2019 film) - Wikipedia 
Entah karena ekspektasi yang ketinggian atau bagaimana, saya sejujurnya nggak terlalu suka dengan film ini. Hingga saat ini saya percaya kalau mungkin saya memang nggak cocok aja dengan gaya filmnya Greta Gerwig karena Lady Bird pun saya belum paham kenapa dibilang sebagus itu. 
Hal yang membuat saya paling nggak suka adalah ending-nya. Everything comes together at the end of the movie. Walaupun saya juga masih bingung narik konklusi karena saat ending, si Jo ini lagi negosiasi soal naskahnya dia yang menceritakan tentang kehidupan Jo dengan saudarinya. Jadi, apakah di dunia nyata Jo beneran sama Louis Garrel yang nampak dreamy dan too good to be true itu? Atau itu cuma portrayal of the ideal di buku saja? 

23 July 2020

The Irishman (2019)
Review 'The Irishman': Membangun Tragedi dengan Sunyi - kumparan.com
Film ini sering banget saya sekelebat dengar. Dari teman yang ngobrol soal lamanya durasi film, artikel-artikel di internet, rave di segala platform media sosial, tapi baru ini saya menontonnya. Saya tertarik nonton ini sejujurnya juga karena kolom komentar di channel YouTube Buzzfeed Unsolved yang membahas Jimmy Hoffa.
Menurut saya film ini oke sih, tapi nggak sampai mind-blowing juga. Saya udah pernah nonton film soal mafia London yang meranin Tom Hardy dan ya menurut saya sama aja. Namun, itu nggak mengubur keinginan saya untuk nonton film mafia The Goodfellas sama The Godfather yang legendaris itu.

Elizabeth: The Golden Age
Elizabeth: The Golden Age movie review (2007) | Roger Ebert 
b-o-r-i-n-g
Kalau berdasar review katanya emang yang bagus film sebelumnya: Elizabeth. Tapi, ya lumayan tetap entertanining soalnya bisa ngintip sedikit cara hidup, norma, kultur, pakaian era Elizabethan.

Becoming (2020)
Becoming (film) - Wikipedia  
Saya kasih rating film dokumenternya Michelle Obama ini tinggi di Letterboxd. Empat setengah. Saya sempat tersedu, merasa terinspirasi, belajar sedikit soal rasisme di Amerika, itu kenapa saya memberikan rating hampir sempurna. Alasan kenapa nggak genap lima karena selama nonton saya selalu mikir kalau ini pasti ada kaitannya dengan politik. Apakah Michelle suatu hari akan nyalon presiden? Apa ada narasi tersembunyi di balik film dokumenter ini? Apalagi setelah googling saya lihat kalau film ini diproduksi dari rumah produksinya keluarga Obama. 
Keminter banget emang.

Murder Mystery (2019)
Murder Mystery" Raih Pekan Pembuka Tersukses di Netflix - Layar.id
Ini merupakan film terakhir yang menutup tanggal 24 Juli. Saya udah dibuat bosan dengan Elizabeth: The Golden Age, perasaan dan pikiran saya tak menentu ketika nonton Becoming, jadi komedi Adam Sandler saat itu menurut saya merupakan pilihan yang tepat untuk ngakak ngakak goblok. Tapi, saya salah. This is just meh, the only thing that entertains me is Luke Evans.

25 July 2020

The Laundromat (2019)
The Laundromat (2019) - IMDb
Nggak tahu kenapa kayaknya Juli ini saya banyak nonton filmnya Meryl Streep dan ini adalah kedua kalinya saya ketemu David Schwimmer di film 'serius'. Saya suka film ini karena cerita soal Panama Papers. Jujur ya, saya itu nggak terlalu memperhatikan amat soal isu ekonomi semacam Panama Papers ini. Tapi, setelah nonton saya jadi tertarik baca-baca walaupun banyak banget istilah-istilah yang digunakan dan ngebuat saya bingung.
Banyak yang bilang kalau film ini knock-off dari The Big Short karena isu yang diangkat adalah isu ekonomi dan format breaking the fourth wall-nya. Kalau saya sih suka film ini karena bikin saya lebih aware sama skandal Panama Papers ini dan bikin tertarik untuk cari tahu. Dan karena film ini selalu dibandingkan dengan The Big Short, it comes naturally for me to watch The Big Short afterwards.

26 July 2020

The Big Short (2015)
The Big Short (film) - Wikipedia
Kalau di The Laundromat saya agak bisa makes sense dengan semua istilah dan jalan ceritanya, film ini bener-bener bikin saya pengen belajar ekonomi biar tahu istilah-istilah yang dipakai. Walaupun film ini menyuguhkan Margot Robbie dan Selena Gomez dan the late Anthony Bourdain buat jelasin istilahnya, saya masih harus mikir sebelum benar-benar bisa paham. Saya nggak punya argumen selain film ini bagus. Taburan bintang, isu yang diangkat sangat menarik, oke banget, lah.
Cuma saya mau komentar aja di dua film yang temanya berat (The Big Short & 12 Years a Slave) si Brad Pitt ini jadi produser sekaligus pemeran 'kecil', tapi dia-yang-sampai-saat-ini-tak-kugagas-ketampanannya selalu ambil peran sebagai orang yang bermoral baik. Di 12 Years a Slave dia yang bikin Platt bisa keluar dari perbudakan, disini dia yang aware soal busuknya sistem ekonomi yang sedang diportray oleh film ini. Apakah ini hanya kebetulan?

Vanity Fair (2004)
Vanity Fair movie review & film summary (2004) | Roger Ebert
Saya nonton ini karena Vanity Fair tercantum di filmography Robert Pattinson. Setelah nonton saya kecewa scene-nya Robpatz ternyata dipotong. Sebenarnya film ini nggak jelek sih, cuma saya sempat ngantuk bosen gitu nontonnya. Entah kenapa saya nggak suka portrayal si Reese Witherspoon jadi Becky Sharp. Kayak kurang witty dan fun aja. Meh, but still a bit entertaining.

27 July 2020

Pengabdi Setan (2017)
Pengabdi Setan (film 2017) - Wikipedia bahasa Indonesia ...
Banyak yang merekomendasi film ini ke saya sebagai horor Indonesia yang bagus. Saya akui sebagai awam, saya menikmati sekali gambar dan scoring-nya. Tapi secara cerita ya biasa aja, lah. Tipikal film horor dengan plot yang gitu-gitu aja. Saya nggak nyampe harus pipis ditemenin adek kayak habis nonton The Wailing sama Conjuring dulu.

31 July 2020

PK (2014)
PK (2014) - IMDb
Film ini sudah lama banget di watchlist tapi baru kesampean sekarang gara-gara diingatkan oleh Iwa K di Twitter. Suka sih sama film ini. Tapi ekspektasi awal saya bakal mbrambangi gitu kayak waktu nonton 3 Idiots atau Taare Zameen Par ternyata nggak. Cerita cintanya rada cringey walaupun ending-nya nggak happily ever after. Selain itu sih saya sangat nikmati nonton film ini walaupun selalu melawan keinginan untuk skip saat nyanyi-nyanyi itu. 
BTW, setelah nonton saya searching aktor-aktornya─seperti biasa, lalu saya agak sedih waktu tahu aktor yang meranin Sarfraz meninggal gantung diri baru-baru ini. May he RIP.

Panjang juga ini tulisan, ya. Agak bangga rasanya bulan Juli ini banyak watchlist yang tercentang dan saya bisa nulis ini di blog. Dari sekian film ini, rekomendasi saya: Julie & Julia, Becoming, The Big Short, sama PK. Yang lainnya oke sih, cuma kalau diskip nggak rugi-rugi amat juga kalau menurut saya.

You Might Also Like

0 COMMENTS