#DIRUMAHAJA MINGGU KETIGA

April 10, 2020


Salah satu guru di tempat les Bahasa Inggris dulu ada yang pernah bilang: lihat dibalik yang tidak terlihat. Waktu SMP dulu kalimat itu cuma mampir di telinga lalu hilang begitu saja. Namun, sejak SMA saya kenal konsep look on the bright side, silver linings, untungnya ingatan tentang guru les Bahasa Inggris itu bisa saya dapatkan kembali. Saya bahkan sudah lupa wajah dan nama guru les itu, tapi ungkapannya masih saja saya ingat.

Jadi, dalam menjalani hidup saya yang tidak menentu ini saya berusaha menerapkan konsep itu. Sama, ketika saya malas-malasan dan merasa bersalah, saya berusaha menganalisa kenapa saya malas dan kenapa saya terus melakukan kemalasan ini hingga perasaan bersalah muncul. LOL, terdengar serius sekali. Padahal inti dari pembukaan itu hanya satu, saya yang merasa bersalah karena menghabiskan waktu binge watching konten Buzzfeed Multiplayer mendapatkan pencerahan untuk menjalani hidup di tengah pandemi ini.

Dalam video tersebut, si content creator membagikan pengalamannya jika selama WFH ia punya semacam catatan tentang apa yang dia lakukan di rumah selama hari tersebut. Agar bisa tetap progress tracking dan juga ada kepuasan ketika mencentang hal-hal yang tadinya hanya ditulis sebagai rencana lalu diwujudkan di kenyataan. Setelah melihat hal tersebut, saya mencoba menerapkannya. Minggu ketiga #dirumahaja berhasil saya dokumentasikan dalam buku catatan. Tidak benar-benar detail, tapi itu saja sudah membuat saya senang. Dan demi membuat saya makin excited, rencana ini saya wujudkan di sebuah notebook baru yang saya beli dua tahun lalu. Biar makin niat.


Di minggu ketiga #dirumahaja saya berhasil mendapatkan kesenangan dari hal-hal kecil seperti ini--tentu selain main The Sims dan rebahan sambil nonton Youtube. Dari hal ini saya pun menyadari jika sebenarnya saya ini sangat mencintai rutinitas. Ketika SMA dulu saya anti karena dibilang rutinitas itu membosankan, tapi makin kesini saya menerima jika saya memang lebih suka yang "membosankan". 

Oh iya, di minggu ketiga ini untuk pertama kalinya saya ujian tengah semester online. Sebetulnya tidak ada yang benar-benar baru karena ujian saya beberapa sudah dalam bentu take home paper, jadi tak ada yang menarik atau perlu dibagikan. Overall, minggu ketiga #dirumahaja cukup menyenangkan dengan saya yang mulai mencatat rutinitas dalam buku dan kembali menulis blog.

Stay safe and healthy, everyone!

You Might Also Like

0 COMMENTS