July 31, 2016

WRITING PLAYLIST

Sebenarnya saya nggak pernah membuat writing playlist yang khusus untuk membangun mood ketika menulis. Entah lah, saya bukan tipikal yang suka menulis dengan diiringi lagu-lagu, justru makin tenang makin bagus. Tapi akhir-akhir ini saya harus menulis di keramaian karena deadline mengintai dan kebetulan saya banyak aktivitas, jadi alternatif untuk membuat saya nggak melamun dan memandangi orang yang sedang berada di sekitar saya adalah menyumpal telinga dengan lagu-lagu. 

Sebagai orang yang lebih suka ketenangan dalam menulis, ternyata saya cukup bisa beradaptasi dengan cara menulis baru ini. Intinya satu sih, saya harus nggak tahu lirik lagu yang saya sedang dengarkan. Kalau saya hafal yang ada saya malah menghayati dan ikut menyanyi. So, lima lagu ini adalah lagu yang sering saya putar ketika menulis:






Saya lagi jatuh cinta dengan Tony Bennet. Pertama kali kenal gara-gara Lady Gaga kolaborasi sama beliau, terus lihat di film dokumenter nya Amy Winehouse, terus search di Spotify dan ternyata saya suka!

Emang sih, dasarnya saya itu paling suka dengan suara saksofon, piano, pokoknya demen banget sama background music di film-film klasik kayak Breakfast at Tiffany's, James Bond jaman-jaman Sean Connery, yang banyak memakai instrumen yang saya sebutkan tadi. Jadi waktu dengan Tony Bennet saya langsung download satu album itu.

The Corrs itu wajib masuk ke dalam playlist favorit apa saja. Pokoknya cinta lah sama mereka. Suka lagunya, suka permainan instrumennya, kalau dengerin mereka jadi nostalgia dan kadang kepingin gitu bisa main flute atau biola sekeren mereka.

Dua lagu terakhir itu saya diperkenalkan oleh teman saya. Sejak nonton The Perks of Being Wallflower saya kok rada-rada suka sama lagu-lagu yang jadi soundtrack-nya, jadi saya tanya lah teman saya yang kebetulan pengetahuan tentang musik indie pop-nya jauh lebih tinggi dibanding saya. Dan sebenarnya saya punya banyak lagu yang menjadi favorit, jadi mungkin saya bakal share di lain kesempatan saja ya.

Alright, jadi ini lima lagu yang sering saya putar ketika berusaha menulis di keramaian. Yang lumayan bikin saya jadi agak fokus tapi kadang jadi berimajinasi saya sedang ada di salah satu film-film gitu karena nulis pake dengerin lagu--random banget kan, ya? Anyway, hari ini adalah hari terakhir bulan Juli, nggak kerasa udah Agustus aja ya. Setahun cepat sekali berlalu, padahal kayaknya saya baru selesai rampung naskah, sibuk-sibuk promo, dan sekarang udah tengah tahun aja. Semoga di bulan Agustus saya lebih bisa produktif dan semoga Tuhan memberkati kita semua!

No comments:

Post a Comment