December 13, 2015

THE DOMINO EFFECT

Untuk buku satu ini, saking penasarannya, saya sampai ikut pre-order lewat bukukita.com. Hal ini didukung oleh euforia pre-order di Ask.Fm milik Henry Manampiring yang membuat saya penasaran setengah mati dengan bukunya dan keingintahuan saya pada konsep Alpha yang sering menjadi bahan diskusi di akun Ask.Fm miliknya.


Dan saya tidak menyesal membeli buku ini terlebih dahulu. Penasaran saya tidak dikecewakan dengan konten yang ada di dalam buku The Alpha Girl's Guide. Saking semangatnya, saya cuma butuh sehari saja untuk melahap buku ini. 
Kok, cowok yang menulis buku ini?


Jika perempuan yang membicarakan gender equality, itu sudah biasa.
Jika perempuan yang menulis bagaimana trik menjadi seorang Alpha, itu juga biasa.

Saya sangat suka dengan sudut pandang laki-laki pada kemajuan perempuan di tengah budaya patriarki yang sangat kental. Sebelum tahu bahwa ada laki-laki Indonesia bernama Henry Manampiring yang berpikiran luar biasa seperti ini, saya terlebih dahulu bertemu dengan Michael Kimmel di Ted Talks. Beliau merupakan sosiolog Amerika yang concern pada gender studies dan di Ted Talks, saya jatuh cinta pada pemikiran beliau tentang bagaimana gender equality juga sangat bermanfaat pada kehidupan para laki-laki.

Dan itu adalah salah satu hal yang diangkat oleh Henry Manampiring di buku ini. Dengan bahasa yang sangat mudah dimengerti, ia menjelaskan bagaimana jika seorang perempuan meninggikan derajatnya (dalam hal intelektual, tentunya), itu akan berefek besar pada kualitas laki-laki juga. Talk about a big domino effect, everyone.

Saya cuma bisa senyum-senyum saja saat baca buku ini. Saya merasa buku ini bisa menjadi titik balik bagi perempuan-perempuan Indonesia. Setidaknya, jika mereka tidak terbuka pikirannya, atau merasa konsep ini terlalu 'modern' diterapkan pada kehidupan modern ini, mereka tidak akan kaget atau menerapkan sistem, "Jangan sekolah tinggi-tinggi nanti nggak dapat pasangan," pada anaknya kelak.

Lebay, ya? Tapi beneran deh, itu yang saya pikirkan dan harapkan.

Untuk menutup postingan ini, saya akan share satu bab yang paling saya suka:


Semua bab di buku ini menarik dan harus dibaca, tapi karena saya sedang dalam masa mempersiapkan diri untuk kehidupan setelah kuliah (read: bekerja), bab ini saya tekuni baik-baik karena benar-benar menambah pengetahuan bagi saya.
Keberuntungan itu benar ada. (The Alpha Girl's Guide)
Dan saya beruntung timing saya mengenal Henry Manampiring di media sosial bertepatan dengan launching buku The Alpha Girl's Guide, sehingga saya tahu bahwa ada laki-laki di Indonesia yang care terhadap hal-hal perempuan seperti ini dan mau susah payah menulis agar bisa dibaca oleh perempuan Indonesia.

No comments:

Post a Comment